Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Teknik-Teknik Untuk Memperkuat Kontraksi

Beberapa teknik menurut penny simkin & Ruth Ancheta (2005) ini dikaitkan dengan kontraksi yang lebih kuat atau lebih sering, yaitu:
  1. Gerakan dan posisi >> jika kemajuannya lambat, minta wanita untuk berjalan selama setengah jam, ubah posisi secara sering (setiap setengah jam) dan hindari posisi supine.
  2. Sentuhan yang membuat nyaman >> Menggosok punggung dengan dihentakkan, memegang tangan, dan sebagainya, dapat meningkatkan produksi oksitosin endogen 
  3. Rangsangan putting susu >> Dilakukan atau pasangannya dapat digunakan untuk merangsang kontraksi karena teknik tersebut meningkatkan produksi oksitosin. 
  4. Acupressure >>Bermanfaat untuk menguatkan kontraksi 
  5. Kompres hangat >> Atau dengan botol air panas yang ditempatkan difundus diketahui dapat menguatkan kontraksi. 
  6. Hidrasi >> Yakinkan bahwa wanita tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat berperan terhadap distosia dengan menurunkan intensitas dan efisiensi kontraksi. Sebagaian besar wanita, jika diminta untuk minum sesuai keinginannya dan sering memperoleh minuman ringan, akan terhindar dari dehidrasi. Salah satu langkah sederhana untuk mencegah dehidrasi adalah dengan mendorong wanita untuk minum jika haus (air atau jus buah), dan mencatat apakah ia minum dan seberapa banyak. Pemenuhan nutrisi dan hidrasi (cairan) merupakan faktor penting selama proses persalinan untuk menjamin kecukupan energi dan mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolit normal pada Ibu dan buah hati (Elias, 2009)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar